I Was Inspired #15 Agustus 2010


Maniak Internet dari Kecil, Bocah 16 Tahun Jadi Miliarder Termuda di Dunia

Christian Owen

Simak hasil membaca saya minggu ini di bidang teknologi, psikologi, bahasa, dan buku:

Miliarder termuda asal Inggris, Christian Owen, memang masih muda. Umurnya baru 16 tahun. Dia adalah pemilik perusahaan iklan berbayar-per-klik, Branchr. Simak beritanya di Republika OnLine.

BTW, siapa bilang jadi astronot itu ‘keren banget’ dan ‘enak banget’? Stres, tauu… Gak bisa melihat bumi, gak bisa napak di tanah, tinggal di tempat sempit selama berbulan-bulan. Baca saja penuturan dari dua mantan astronot Rusia, di liputan SEED Magazine atas buku Packing for Mars.

Bayangkan dunia tanpa kata. Kata yang selama ini sudah membantu kita menjelaskan fenomena apapun dalam hidup kita. Kata yang memberi kita nama, label, definisi, dan pengertian. Kata, yang tanpanya, membuat kita terdiam seribu bahasa, jiwa dan raga. Dalam liputan Neuroanthrophology, Susan Schaller bercerita tentang pertemuannya dengan seorang pria yang dia sebut ‘Ildefonso’, imigran tuna rungu asal Meksiko. Ildefonso tidak pernah belajar ‘kata’. Dia tidak tahu apa itu ‘bahasa’. Dia hidup dalam dunia tanpa kata.

Radiolab pun merilis diskusi tentang topik ‘dunia tanpa kata’ pada blognya. Simak juga video ekstra yang menjadi bonus dari diskusinya tentang ‘Kata’. Cek, dan saksikan indahnya dunia tanpa berkata-kata.😉

trevorcorson.tumblr.com

Trevor Corson adalah penulis buku-buku ‘lucu’ seperti ‘The Story of Sushi’ dan ‘The Zen of Fish’. Bukunya yang terbaru menarik perhatian saya–dan tentunya membuat saya ingin memiliki dan memakan isinya–The Secret Life of Lobster.

Apakah benar penilaian sekilas kita pada orang pada satu waktu (“Kesan pertama begitu menggoda…“) menjelaskan bagaimana kepribadian orang tersebut seutuhnya? Apakah yang kita sebut ‘kepribadian’ adalah sesuatu yang sudah tetap dari sononya atau bergantung pada situasi yang kita hadapi (kontekstual)? Malcolm Galdwell dan Jonah Lehrer punya ceritanya.

NPR menurunkan artikel yang membahas kapan tepatnya mental manusia dikatakan ‘modern’: yaitu ketika kita menggunakan simbol; sebuah artikel yang membahas pemikiran simbolis di dalam dunia kita.

“We are wrong about being wrong.” Johann Hari bercerita tentang pandangan yang salah tentang ‘kesalahan’.

Dan terakhir: beruntunglah mereka yang senang tidur! Hehehe… Wired menurunkan liputan tentang sains di balik ‘tidur lelap’. Sangat mencerahkan! ^^

Get insipred! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: