[Picture from www.utne.com]

A Gentle Reminder

Last night I went out to buy dinner in Dago. By the time I arrived on Kedai Mie, I saw a scavenger walk passed by. He wore no sandals or shoes. He carried a big sack on his right shoulder. It was 8.48 pm. I was going to buy dinner, he was still scavenging. I … Continue reading

Bahasa Kita Menentukan Dunia Kita

“Dalam bahasa Inggris, bila saya memecahkan cangkir, bahkan bila saya tidak sengaja, maka Anda akan berkata, ‘Dia memecahkan cangkir.’ Dua hal yang berbeda, dikategorikan dalam satu kejadian yang sama secara tata bahasa. Namun, dalam bahasa Spanyol dan bahasa Jepang, niat itu penting.” Demikian ungkap Boroditsky. “Bila seseorang sengaja memecahkan cangkir, akan ada kata kerja khusus … Continue reading

Tukang Ramal

19 September 2010 Sewaktu SMA, saya pernah sempat dipanggil ‘tukang ramal’ oleh beberapa teman dekat saya. Sebutan itu muncul lantaran waktu itu saya sedang hobi-hobinya dengan pseudo-science yang bernama palm-reading. Dengan mudah teman saya akan mengulurkan telapak tangan mereka, lalu saya lihat garis tangannya. Mereka juga sama penasarannya dengan saya tentang membaca garis tangan itu. … Continue reading

Terasiring Ubud Bali

Relativitas Nilai Uang: Sebuah Kisah Pribadi

Pengantar: Saya iseng membuka catatan-catatan lama. Kemudian saya menemukan catatan ini, berisi cerita waktu jaman mahasiswa dan masih susah dulu, hehe. Catatan ini sudah saya publikasikan di FB tanggal 18 Nopember 2012. Saya publikasikan juga di sini, berikut komentar-komentar yang saya terima di FB… So, please kindly enjoy! —————— 12 Juni 2005 Di tengah kuliah … Continue reading

The Way You Made Me Feel

People will forget what you said, people will forget what you did, but people will never forget how you made them feel. ~Maya Angelou 28 Desember 2005 Gara-gara baca blognya Ikram, saya jadi inget pengalaman di bank Mandiri waktu mau buka tabungan… Saya baru-baru ini dari Simprug. Itu loh, daerah di deket Pondok Hijau di … Continue reading

Bahasa Menunjukkan Budaya

[Dimuat ulang dari blog Jejak Langkah] 19 April 2007 Beberapa keistimewaan bahasa yang dipakai suatu bangsa tertentu membatasi cara-cara berpikir dan pandangan bangsa yang bersangkutan terhadap fenomena tempat mereka hidup. Saya menganggap bahwa susunan bahasa dan keistimewaan lain yang dimiliknya merupakan faktor dasar bagaimana suatu masyarakat memandang hakikat alam dan tempat mereka berada. Contohnya saja, … Continue reading

Selimut Tenunan Ubud

Aku Cinta Indonesia!

[Dimuat ulang dari blog Jejak Langkah] 6 Desember 2005 Seumur-umur, belom pernah deh berurusan dengan polisi. Bukannya takut sih, tapi belom pernah aja. Nah, tanggal 3 Desember kemaren adalah peristiwa perdana dari ‘Ales berurusan dengan polisi’. Gak sendirian sih, tapi berdua dengan Teh Yuti. Jadi ceritanya pagi itu kami berdua abis lari bareng (acara rutin-gak-rutin … Continue reading

Bahagia Berbagi

(Dimuat ulang dari Jejak Langkah) 27 Juni 2005 Apa yang menjadi ukuran kebahagiaan itu? Harta benda dunia? Tercapainya impian? Pangkat? Pada awalnya aku menggunakan dunia sebagai ukuran kebahagiaan. Impianku berupa hal-hal yang dapat dilihat secara kasat mata. Aku benar-benar memimpikannya, memikirkannya di setiap waktu luangku. Namun ketika aku sudah mendapatkannya, seringkali aku malah tidak merasakan … Continue reading