I Was Inspired #27 Juli 2010

Space_Mila

Inilah hasil membaca saya minggu ini. Saya menemukan beberapa inspirasi baru dalam bisnis, sains, desain interior, fotografi, dan psikologi:

Foto-foto karya seorang Ibu asal Helsinski yang sedang cuti melahirkan. Saya terkesan dengan kreativitas seninya dalam mengolah latar foto plus pengaturannya sehingga bayinya yang sedang tidur tidak terganggu. Ingenious!

Desain interior dari rumah pantai milik Meg Ryan: sederhana, bersih, dan alami. Menambah inspirasi untuk rumah impian. ^^

Parade iklan 2010 dari Zappos, perusahaan yang teramat-sangat terkenal dengan layanan konsumennya. Iklan-iklan ini didasarkan pada pengalaman nyata dari para CS Operator Zappos. Lucu dan menyentuh. Pelajari Zappos secara singkat di sini dan dari buku tentang CEO Zapos, Tony Hsieh.

Percayakah anda bila saya katakan bahwa secangkir teh hangat yang anda sedang genggam bisa mempengaruhi penilaian anda terhadap kenalan baru di hadapan anda? Simak ringkasan hasil penelitiannya dan ini adalah tautan utamanya. Cek berita-berita terbaru dalam neuroscience di Mindhacks.

Newsweek menurunkan artikel tentang bagaimana Facebook bisa merusak hidup kita. Facebook hanyalah ‘alat’. Bagaimana alat itu digunakan bergantung pada penggunanya. Belajarlah menggunakan Facebook dengan bijak.

Sangatlah mudah untuk tidak melihat apa yang tidak kita perhatikan. Berlatihlah dengan DoTheTest dan pastikan anda berkendara tanpa mengetik sms atau menerima telpon.

Banyak hasil penelitian psikologi di barat yang mengandung bias kultural; bias yang sangat serius. Mayoritas subjek penelitian yang psikolog barat gunakan masih berada dalam satu kelompok yang sama: kelompok WEIRD (White, Educated, Industrialized, Rich, Democratic). Simak artikelnya di sini dan di sini.

Sungguh, terakhir kalinya saya memperhatikan perkembangan ilmu fisika partikel dan fisika kuantum adalah di bangku SMA. Ketika saya mencoba untuk mendapatkan perkembangan terbarunya, saya harus merombak-ulang pemikiran saya tentang partikel. Padahal hasil penelitiannya sudah diperoleh sejak tahun 1950-an. Old ideas die hard, eh? Bravo buat akselerator partikel! Dan saya juga baru ngeh sepintar apa Richard Feynman itu. Soalnya, yang saya tahu tentang Feynman adalah kehidupan pribadinya di buku ini. Cerdas, ‘gila’, dan kocak.

Get inspired! :D

About these ads
Comments
3 Responses to “I Was Inspired #27 Juli 2010”
  1. wage says:

    Assalamualaykum

    wah Awesome teh Ales ….postingannya banyak memuat hal-hal yang menarik,

    terutama untuk yang paragraf terakhir tentang Feynman, beliau memang ahli Fisika yang luar biasa, keunikannya tidak hanya dalam Fisika tapi dalam hal-hal lainnya, musik dan keterampilan dalam melepaskan diri dari borgol seprti Houdini. Dan buku Cerdas Jenaka Ala Nobelis Fisika betul-betul lucu dan cerdas ….wah jadi kangen baca buku itu lagi.

    mengenai fisika partikel dan kuantum Mizan pernah mempublish grafik novel Quantum For Beginner, mengemas teori kuantum serta fisika partikel dalam bentuk komik yang “renyah”.

    Keep Blogging t’Ales
    Wassalam

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] This post was mentioned on Twitter by Neuro Now, Sari Alessandra. Sari Alessandra said: I Was Inspired #27 Juli 2010: http://wp.me/pi2BS-9v […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,596 other followers

%d bloggers like this: